HADIRILAH…

Perayaan KATHINA DĀNA ITBC 2015

Hari Suci Kathina atau Kathina Puja merupakan hari bakti umat Buddha kepada Sangha. Sangha merupakan persaudaraan para bhikkhu / bhikkhuni. Sangha merupakan lapangan untuk menanam jasa yang tiada taranya di alam semesta ini. Sangha merupakan pewaris dan pengamal Buddha Dhamma yang patut dihormati. Dengan adanya Sangha, yang anggotanya menjalankan peraturan-peraturan kebhikkhuan (vinaya) dengan baik. Buddha Dhamma akan berkembang terus di dunia ini. Sangha merupakan pemeliharaan kitab Suci Tipitaka / Tripitaka. Umat Buddha berterima kasih kepada Sangha dengan menyelenggarakan perayaan Kathina Puja. Umat Buddha berterima kasih kepada para bhikkhu / bhikkhuni yang telah menjalankan masa vassa di daerah mereka, dengan mempersembahkan Kain Kathina (Kathinadussam) yang berwana putih sebagai bahan pembuatan jubah Kathina. Dalam Kitab Mahavaggaberbahasa Pali, bagian dari Vinaya Pitaka, Sang Buddha mengatakan kepada para bhikkhu, ketika Beliau berada di Jetavana Arama milik Anathapindhika, dikota Savantthi, sebagai berikut :

“Aku memperolehkan Anda sekalian, oh para bhikkhu,

untuk menerima Kain Kathina

sebagai bahan pembuatan jubah Kathina

jika telah menyelesaikan masa vassa.”

Kain Kathina ini biasanya dipersembahkan oleh umat Buddha kepada lima orang Bhikkhu atau lebih yang bervassa bersama-sama di satu vihara. Jika jumlah bhikkhu yang ber-vasa di vihara itu kurang dari lima orang, maka upacara pemberian Kain Kathina tidak bisa diadakan. Dengan demikian, yang dapat dipersembahkah oleh umat Buddha pada hari suci Kathina itu adalah Dana Kathina (bukan Kain Kathina)

Dana Kathina dapat berupa jubah atau civara (bukan kain putih) dan barang-barang keperluan bhikkhu / bhikkhuni sehari-hari, seperti handuk, sabun, odol, sikat gigi, piasu cukur, obat-obatan, makanan serta perlengkapan vihara. Umat Buddha juga dapat memberikan dana berupa uang yang akan dipergunakan untuk biaya perjalanan bhikkhu / bhikkhuni dan lain-lain dalam mengembangkan Buddha Dhamma. Berdana kepada Sangha ibarat menanam benih di ladang yang subur. ( sumber http://www.samaggi-phala.or.id)

Para bhikkhu yang bervassa diITBC tahun ini ada 5 bhikkhu yaitu:

1. Y.M Bhikkhu Khemanando Thera

2. Y.M Bhikkhu Dhammaguno

3. Y.M Bhikkhu Abhayaviro

4. Y.M Bhikkhu Abhivaro

5. Y.M Bhikkhu Dhirapunno

Perayaan Kathina Dāna akan diadakan pada:

Hari / Tanggal : Sabtu, 31 Oktober 2015

Pukul : 18.00 WIB s/d Selesai

Tempat : Eka Samadhi Dhammasala Indonesia Theravada Buddhist Centre

Dihadiri oleh para Bhikkhu Sangha dari Indonesia dan Thailand (Luangpor Art dan 20 bhikkhu lainnya)

Paket-paket dana yang tersedia, berupa :

Paket Special (Metta)

Paket A (Karuna)

Paket B (Mudita)

Paket C (Upekkha)

Paket Sukarela

Pemesanan paket dana paling lambat tanggal 25 Oktober 2015,

Untuk Pemesanan, hubungi sekretariat ITBC :

-Mengmie 08126072762

-Nani Owen 0812652178

-Aluan 085360933710

-ITBC 082168485598

Anumodana

Dayakasabha ITBC

Advertisements