“BERSAHABAT DENGAN STRESS ?” by NN

Dalam kehidupan kita sehari-hari, apapun pekerjaan yang kita geluti sehari-hari terkadang kita sering mendengar ungkapan “ah gue lagi stress ..”

Kenapa sih stress tersebut perlu kita pahami? Mahluk apa sih stress itu? Bagaimana kita menghadapi stress yang datang melanda kita ?

Setiap orang di jaman ini pernah mengalami stress, entah itu dikarenakan stress pekerjaan, stress di rumah, stress dengan kelakuan anak, stress dengan bisnis, stress karena tidak punya uang, atau apalah itu. Di-era ini banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh, entah itu dari internet, pergaulan, koran, majalah, dan sebagainya tetapi terkadang kemampuan kita dalam mengolah informasi itu terbatas. Di jaman ini, semakin banyak persaingan muncul, dunia kompetisi berjaya, sehingga banyak orang memerlukan lebih banyak energi untuk bisa sukses dan bertahan. Stress juga terkadang berkaitan dengan produktivitas, kita menargetkan hal tertentu tetapi kita tidak bisa mencapai target tersebut karena satu dan lain hal.

Dapat dikatakan stress merupakan suatu keadaan yang timbul dari kapasitas tuntutan yang tidak seimbang dan merupakan response seseorang berupa emosi fisik dengan meminta tuntutan tertentu terhadap individu.

Stress bisa dikaitkan dengan keadaan negatif, karena dengan stress seseorang bisa berubah drastis, dan menunjukan sikap/sifat yang berubah secara drastis, seperti; lekas marah, merasa malu, muram, mudah lelah, tegang, gugup, rendah diri, merasa sunyi, dan sebagainya.

Stress bisa juga berpengaruh langsung pada tubuh atau fisik, semisalnya ; meningkatnya gula darah, mulut kering, berkeringat, sulit bernafas, kerongkongan tersumbat, meriang, kesemutan pada bagian tertentu.

Pada organisasi/perusahaan, seringkali stress berpengaruh terhadap kinerja kerja semisalnya; sering tak masuk kerja, kurang akrab dengan teman sekerja, renadahnya produktivitas, pertentangan dalam kerja, hasil kerja yang tidak memuaskan.

Penyebab stress itu sendiri beraneka; terkadang stress bisa disebabkan karena tanggung jawab yan tidak jelas, tak diberi wewenang, tak paham perannya dengan baik, atau bahkan karena kelebihan peran itu sendiri. Jabatan tidak aman yang penuh dengan resiko keadaan menghadapi pensiun, kerja tim yang tak kompak, takut tak terpakai, juga merupakan hal-hal yang bisa mengakibatkan stress.

Dalam beberapa hal khusus, bisa dicari cara untuk mengatasi stress tersebut, misalnya untuk keadaan tanggung jawab yang tidak jelas maka bisa meminta kejelasan hal ini terhadap organisasi, sehingga kita terbebas dari stress.

Dalam keadaan umum, cara mengatasi stress tersebut adalah dengan melakukan relaksasi, pergi ke gunung, menghindar dari kesibukan rutin sesaat,  melakukan meditasi, mencari teman akrab untuk bercerita, aktif ikut serta dalam klub sosial, dan banyak lagi cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi stress tersebut.

Yang perlu diingat, manusia dalam hidup ini tidak pernah menemukan suatu keadaan yang sempurna, sehingga pasti kita akan terbentur akan suatu hal diluar kehendak kita, saat itulah kita harus bisa menyadari kekurangan kita dan belajar untuk menyesuaikan diri, semoga stress bisa kita hindari sedini mungkin.

Advertisements