Beberapa cara dalam mempraktekkan

Anapanasati dg dikombinasi kata “BUDDHO”

Oleh: Bhikkhu Khemanando

Praktisi yang mempraktekkan meditasi ini harus mengikuti aturan-aturan dibawah ini :

1. Mematuhi paling sedikit Lima Sila (Pancasila Buddhist): bagi praktisi bisa mengambil sila dengan para bhikkhu (jika ada bhikkhu) untuk memberi bimbingan sila. Tetapi kalau tidak ada bhikkhu, anda bisa mengambil sila sendiri dengan beraditthana untuk mengikuti atau melaksanakan Lima Sila, itu bisa dilakukan didepan rupam Buddha ataupun dirumah. Dengan mengatakan : saya akan bertekad menghindari pembunuhan, menghindari pencurian, menghindari hubungan yang salah, menghindari pembicaraan yang salah, serta menghindari makanan serta minuman yang bisa menyebabkan hilangnya kesadaran. Jika salah satu atau lebih ada yang salah anda bisa mengulangnyakembali. Karena hanya Lima Sila inilah satu-satunya fondasi untuk mengembangkan pikiran dan ini juga sangat penting untuk pengontrolan diri. Semua ini hanya ada didalam Buddhism.
2. Mengambil perlindungan terhadap Tiratana Buddha, Dhamma dan Sangha. Dengan merangkapkan tangan anda didepan dada dan dengan disertai keyakinan yang mantap serta kerendahan hati. Anda beraditthana berlindung terhadap Buddha, Dhamma, Sangha, yang mana sebagai fundamental didalam Buddhism. Dalam pengertiannya Buddha adalah pengungkap Buddha Dhamma atau yang sadar, yang sempurna, Dhamma adalah AjaranNya, serta Sangha adalah pengikut-pengikutnya yang telah mencapai kesucian (Ariya Punggala). Semua ini akan membantu anda untuk mendorong pengertian yang benar dengan mempraktekkan meditasi ini dan juga supaya dapat membentuk pikiran anda menjadi tenang dalam artian tidak adanya suatu keragu-raguan yang berlebihan.
3. Memancarkan sifat cinta kasih kepada semua makluk tanpa terkecuali. Dengan mengharapkan semua makluk hidup berbahagia, terbebas dari bentuk-bentuk penderitaan, permusuhan, kesakitan, serta mengharapkan mereka bisa sebagai pelindung kebahagiaan bagi diri mereka sendiri. Ini juga merupakan langkah dasar yang sangat penting untuk perkembangan batin kita. Disamping itu juga membuktikan bahwa para pengikut Buddha mempunyai jiwa serta rasa kebersamaan yang universal terhadap sesama.
4. Hentikan pikiran anda dari kekhawatiran serta bentuk-bentuk yang membuat pikiran kita menjadi terganggu dalam berkonsentrasi. Kekhawatiran itu bisa datang mengganggu melalui pekerjaan, belajar, keluarga dan lain-lain. Semua ini anda harus bisa menghentikannya pada saat anda mempraktekkan meditasi. Dan satu hal yang sangat penting adalah anda jangan terlalu terobsesi oleh kejadian-kejadian yang telah terjadi pada hari-hari sebelumnya serta kejadian yang akan terjadi pada esok hari. Anda harus berpikir bahwa apa yang telah berlalu adalah sebuah mimpi dan apa yang terjadi esok adalah sebuah bayangan. Tetapi hari ini adalah kehidupan yang sesungguhnya. Buatlah hari-hari kemarin menjadi sebuah mimpi-mimpi yang membahagiakan dan buatlah semua hari esok sebagai bayangan kebahagiaan itu sendiri. Jadi kesimpulannya adalah pikirkanlah pada saat anda melakukan meditasi yang mana terfokus pada keluar masuknya nafas. Dan anda juga bisa me-manage waktu yang anda gunakan untuk bermeditasi misalnya 10 menit, 15 menit atau 30 menit. Berilah diri anda suatu komitmen supaya terbebas dari rasa kekhawatiran dan meditasi anda akan berjalan dengan lancar. Selama anda duduk jangan khawatir dengan masalah-masalah yang terjadi diatas. Tetapi satu bentuk kesadaran yaitu terpusat pada keluar-masuknya nafas. Jika anda bisa melakukan semua ini alhasil pikiran anda akan terbebas dari pengembaraan yang tak berarti dan sudah barang tentu pikiran anda akan merasakan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.
5. Disamping kegiatan rutin meditasi dicetiya ini aturlah waktu latihan anda. Latihan ini sangat baik dilakukan setelah membaca paritta sore atau setelah bangun tidur dipagi hari. Anda harus mencoba untuk mempraktekkan kira-kira 20-30 menit setiap harinya. Dan ini akan sangat lebih baik jika anda melakukannya 2 kali setiap hari yaitu pagi dan sore. Misalnya diThailand bagi murid-murid sekolah setiap pagi dibiasakan untuk mempraktekkan meditasi sebelum mereka start untuk belajar selama 10-15 menit. Ini sangat cukup bagi mereka karena disebabkan waktu yang terbatas.

Advertisements