Kamma dari Pasangan

T: Bagaimanakah seseorang dapat mengetahui kamma dari pasangan?

M: Jika mereka berada dalam kondisi yang harmoni maka mereka memiliki kamma yang baik. Jika pasangan tersebut setiap hari berada dalam kondisi yang menegangkan maka Anda tahu sendiri karma seperti apa itu. Bukankah cukup mudah dipahami? Jika harmoni maka akan bahagia. Jika tidak harmoni maka cobalah menyesuaikannya dan bertoleransi agar terhindar dari berkumpul kembali di kehidupan mendatang sebagai pasangan kamma yang sulit bersepaham.

Tolstoy mempunyai isteri yang sungguh menjengkelkan. Anda tahu kan, Tolstoy pengarang “War and Peace”? Dia mempunyai isteri yang menjengkelkan, jadi diceritakan bahwa setiap hari isterinya selalu mencaci-maki, mengutuk, dan memarahinya, bahkan memukul dan kadang-kadang mengusirnya keluar dari rumah. Suatu hari, salah seorang sahabat karibnya sudah tidak tahan lagi, lalu dia bertanya pada Tolstoy, “Kenapa tidak kamu tendang iblis itu keluar dari rumahmu sehingga kamu akan hidup damai?”

Tolstoy berkata, “Ssstttt….., jangan bicara terlalu keras. Aku telah lakukan itu pada kehidupan sebelumnya. Sehingga, keadaan ini menjadi parah kali ini. Saya tidak berani lakukan itu lagi.”

Semakin Anda berusaha, semakin parah kondisi yang muncul. Jadi, terima saja apapun yang terjadi,  kita mencoba untuk menjalaninya, latihlah diri kita dalam kesabaran, bertoleransi, dan mengasihi musuhmu. Bahkan orang sebijak Tolstoy tidak dapat menanggulangi isterinya yang menjengkelkan tersebut, jadi kita sebagai orang awam lebih baik diam saja.

Diam!….ok

Advertisements