“Jujurlah………!!!”

” hei mau nulis apa, hari ini?”
” entahlah aku bingung, aku tak tahu mau nulis apa”
” tak ada cerita yang bagus”
” hei, ada apa denganmu. Kau jangan memperdulikan tulisanu bagus atau jelek. yang penting kau menulis. itu saja!!”

Percakapan dalam hatiku itu, selalu hadir jika aku mau mulai menulis.
begitu banyak ketakutan yang muncul, takut inilah, takut itulah. Tapi ketika aku ingat perkataan sesorang, apa yang inginkau tulis hari ini, maka tulislah tak perlu kau memikirkan ini dan itu.
Setiap kali membaca blog orang lain, aku suka merasa kecil. karena tulisan mereka sangat jauh bila di bandingkan denganku. Pernah kutanya kepada seorang temanku

” Hei ko kamu pinter banget si bikin pusinya”
” apa rahasianya?” tanyaku lagi. nampaknya ia mulai mengetikan sesuatu, dan tak lama kemudian munculah satu kata di layarku

” jujurlah ” ehm,,, satu kata tapi beribu makna kataku dalam hati
” jujur??” aku mengulangi ucapannya tadi
” ya jujur, kau harus jujur dengan dirimu sendiri”

Ini adalah kali ketiga, ia mengucapkan kata itu “jujur” Betapa pentingnya kah satu kata itu. lalu apa makna kata itu sebenarnya? sampai saat ini aku belum menemukan arti di balik kata itu, kata yang selalu ia dengung dengungkan di telingaku. Entahlah, sekarang aku hanya ingin menulis dengan hatiku. Apa yang aku rasa itulah yang akan aku tulis.